05 Juli 2010

HARI BERENANG DAN BERSENANG-SENANG

Di Sekolah Alam , Taman Kanak - Kanak " YAA BUNAYYA " Yayasan Sentra Dakwah Hidayatullah ( Pondok Pesantren Hidayatullah ) Medan Kota, Sumatera Utara ini, anak-anak diajak belajar dengan cara yang menyenangkan, mereka disalurkan kemana kecenderungannya. Mereka adalah anak - anak yang memiliki berbagai macam kecerdasan ( Multiple Integences ) . Oleh Karenanya tidak boleh ada pemaksaan dalam belajar. Mereka tidak Boleh Di perlakukan seperti Robot, harus mengikuti kemauan guru.

Kegiatan Outing merupakan kegiatan yang yang menyenangkan, mereka bisa berekpresi diri melalui kegiatan ini. Salah satu bentuknya adalah dengan mengajak mereka rekreasi ke kolam renang. Disamping membuat mereka senang, sekaligus melatih dan menguatkan syaraf motorik mereka, serta melatih mereka untuk hidup bekerjasama.

Para guru menjadi fasilitator untuk mengarahkan dan membantu mereka. Kegiatan ini di lakukan di tempat yang agak jauh dari kampus sekolah ini. Biaya tentu ditanggung oleh para orangtua. Tetapi alhamdulillah pihak sekolah selalu mendapatkan pertolongan Allah untuk bisa menemukan cara yang murah dalam pelaksanaan kegiatan.

Para orangtua tak mau ketinggalan , mereka pun ikut semua , dan ternyata kegiatan seperti ini justru menjadi sesuatu yang sebenarnya mereka butuhkan untuk relaksasi di sela-sela kesibukan mengurus rumahtangga yang kadang menjemukan karena rutinitasnya yang serba monoton.

Dengan adanya kegiatan ini, para orang tuapun sebenarnya mengaku di untungkan karena ada yang membuka jalan untuk keluar dari rutinitas yang sangat menjemukan. Karenanya kegiatan ini tidak hanya diminati para anak didik, tetapi juga para orangtua murid.

Keceriaan nampak dari pancaran wajah dan senyum dua siswi yang merupakan anak kembar ini. Biasanya mereka akan bercerita panjang lebar akan pengalamannya mengikuti kegiatan ini kepada papa dan neneknya atau abang - abangnya serta teman - teman bermainnya di rumah.

Tidak hanya anak - anak usia TK saja yang ikut, tetapi ada juga Balita yang ikut PAUD dan anak- anak TPA yang sudah sekolah di tingkat SD. Mereka bergabung bersama dan saling membantu dalam kegiatan.


Kegiatan ini akan terus dicari bentuknya dan macamnya sehingga akan dibuat bervariasi dan semakin menambah pengalaman para peserta didik. Tentu dengan tetap mempertimbangkan biaya yang wajar. Maklum sekolah kita ini masih banyak berorientasi sosial, kita belum bisa pasang harga. Target utama bagaimana masyarakat sekitar kampus yang notabene adalah masyarakat kurang mampu, bisa mensekolahkan anaknya dengan metode pembelajaran yang maju.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar